Dimulai sejak tanggal 23 Maret 2020, selama 3 bulan sudah siswa kelas X dan XI SMA Unggul Del (SUD) melakukan sistem pembelajaran jarak jauh (daring). Sistem belajar daring di SMA Unggul Del didesain dengan menggunakan Learning Management System (LMS) berbasis website dengan menggunakan ‘Moodle’ sebagai platform utamanya.

Sistem belajar berbasis online ini memang berbanding terbalik dengan sesi belajar tatap yang biasa dilakukan. Jika sebelumnya, para siswa tidak diizinkan membawa smartphone ke area sekolah, kini justru menjadi wadah komunikasi antara guru dan siswa. Pihak sekolah mengakui adanya tantangan dengan sistem belajar daring. Mulai dari area tinggal siswa yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia yang  mengakibatkan kemampuan komunikasi tidak merata hingga soal fokus anak selama pembelajaran daring.

 

Di sisi lain, bapak dan ibu guru SMA Unggul Del mengupayakan untuk selalu menjangkau seluruh siswa dengan memanfaatkan segala situs belajar daring. Dengan menggunakan durasi belajar normal seperti sebelum masa pandemi, sesi belajar tatap muka dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi video conference. Beberapa guru pun membuat video pembelajaran interaktif untuk tetap mempertahankan fokus anak selama pembelajaran daring. Hasil evaluasi oleh para orang tua dan siswa, segala upaya tersebut ternyata dinilai cukup efektif sehingga para siswa SMA Unggul Del tetap mendapat pembelajaran secara optimal meskipun dalam situasi yang terbatas.

SMA Unggul Del masih tetap melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) bagi para siswa kelas X dan XI sebagai bentuk uji kemampuan dan pemahaman siswa terhadap pembelajaran yang diberikan. Ujiannya ada yang berbentuk tes daring dan proyek berkelompok yang dilaksanakan tanggal 04-11 Juni 2020. Pemberian rapor akan dibagikan serentak kepada siswa kelas X dan XI SMA Unggul Del pada tanggal 19 Juni 2020.

 

Fyi, dampak penyebaran Covid-19 di Indonesia yang semakin meningkat menyebabkan SMA Unggul Del membuat kebijakan untuk memulangkan para siswa ke kota asal masing-masing dan melaksanakan sistem pembelajaran jarak jauh (daring) bagi para siswa kelas X dan XI. Pemulangan ini diberlakukan setelah para siswa kelas X dan XI selesai melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS) dan para siswa kelas XII menuntaskan pelaksanaan Ujian Sekolah (US) dan prosedur exit clearance siswa SMA Unggul Del. (RMN/ Foto: dok. SMA Unggul Del)

Sumber